Jurusan Sastra Daerah - FSSR - UNS
Warisan Budaya Jawa

Sasda merupakan jurusan yang mampu mewujudkan jurusan yang berkualitas, unggul dalam keahlian filologi, linguistic, sastra dan budaya berbasis nilai-nilai luhur budaya Jawa.

PENGUMUMAN

TENTANG KARYA ILMIAH MAHASISWA

 

Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah, dan Keputusan Rektor Nomor 160/UN27/HK/2012 tentang Pemberian Bantuan Inisiasi Jurnal Ilmiah pada Program Studi di Lingkungan Universitas Sebelas Maret, disampaikan bahwa Jurusan Sastra Daerah FSSR UNS telah menyiapkan Jurnal Ilmiah Mahasiswa “Filitra Budaya”. Jurnal ini akan memuat ringkasan skripsi mahasiswa Sastra Daerah dan terbit secara elektronik pada web Jurusan Sastra Daerah mulai bulan Januari 2013.

Berhubung dengan itu, maka mahasiswa Jurusan Sastra Daerah yang telah lulus ujian skripsi dan akan diwisuda pada bulan Desember 2012 dan sesudahnya wajib menyusun dan menyerahkan naskah ringkasan skripsinya kepada Redaksi “Filitra Budaya”. Adapun format penulisan naskah ilmiah adalah sebagai berikut.

 

FORMAT PENULISAN NASKAH ILMIAH

Naskah   diketik dengan menggunakan MS Word dikirimkan ke Redaksi melalui e-mail aloysiusindratmo@yahoo.com atau dalam bentuk compact disk dan satu printout. Panjang naskah, termasuk daftar pustaka, adalah minimal 10 halaman dan maksimal 15 halaman A4, dengan spasi tunggal dan jenis huruf Times New Roman 11 point. Naskah disertai abstrak sekitar 150 kata dan kata kunci (key words) maksimal tiga kata. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, diletakkan setelah judul naskah dan afiliasi penulis.

Artikel hasil penelitian memuat unsur-unsur: (1) judul, (2) nama penulis, (3) abstrak dan kata kunci, (4) pendahuluan, (5) metode penelitian, (6) hasil penelitian dan pembahasan, (7) simpulan dan saran, (8) daftar pustaka.

Kutipan hendaknya dipadukan dalam kalimat penulis, kecuali bila panjangnya lebih dari empat baris. Dalam hal terakhir ini kutipan diketik dengan spasi tunggal, diberi indensi sepuluh huruf, dan tanpa tanda petik. Nama penulis yang dirujuk ditulis dengan urutan berikut: nama penulis, koma, tahun penerbitan, titik dua, nomor halaman.

Daftar pustaka berisi daftar mengenai pustaka yang dirujuk dalam artikel. Seluruh pustaka yang dirujuk harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Teknik penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut: untuk buku: (1) nama, (2) titik, (3) tahun penerbitan, (4) titik, (5) judul buku cetak miring, (6) kota penerbit, (7) titik dua, (8) nama penerbit, dan (9) titik. Untuk artikel: (1) nama, (2) titik, (3) tahun penerbitan, (4) titik, (5) tanda petik buka, (6) judul artikel, (7) tanda petik tutup, (8) titik, (9) nama jurnal cetak miring, (10) volume, (11) titik, (12) nomor, (13) koma, (14) halaman, (15) titik. Daftar pustaka diurutkan menurut abjad berdasarkan nama, tanpa diberi nomor urut.

Demikian, harap menjadikan perhatian.

 

Mengetahui,                                                                           Surakarta, 16 Oktober 2012

Ketua Jurusan Sastra Daerah                                                  Redaksi “Filitra Budaya”

 

            ttd                                                                                            ttd

 

Drs. Supardjo, M.Hum.                                                           Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.

NIP 19560921198601 1 001                                                    NIP 19630212198803 1 002

© 2011 - Jurusan Sastra Daerah (Jawa)
Fakultas Sastra dan Seni Rupa - Universitas Sebelas Maret Surakarta
jl. Ir. Sutami, 36 A, Jebres, Surakarta